Minggu, 27 Mei 2012

Flora Dan Fauna Di INDONESIA

 Flora Dan Fauna Di INDONESIA
Indonesia merupakan negara yang kaya akan flora dan fauna. Tidak ada yang memungkiri hal tersebut terlebih ketika kita mau menyempatkan menghitungnya, kita akan semakin terkagum betapa nusantara kita ini bak surga bagi beragam spesies fauna dan flora.

Apa saja jenis-jenis fauna atau hewan yang tersebar di Indonesia tercinta ini? Secara umum jenis fauna di indonesia dikelompikan kedalam 3 tipe, apa saja?

Jenis-Jenis Fauna di Indonesia dan Persebarannya
Keanekaragaman dan perbedaan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh keadaan alam, gerakan hewan dan rintangan alam. Fauna atau dunia hewan di Indonesia digolongkan menjadi tiga kelompok berdasarkan pengelompokan oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber. Secara ringkas tiga kelompok fauna di Indonesia adalah sebagai berikut :

- Fauna tipe Asiatis, menempati bagian barat Indonesia sampai Selat Makasar dan Selat Lombok. Di daerah ini terdapat berbagai jenis hewan menyusui yang besar seperti gajah, harimau, badak, beruang, orang utan.

- Fauna tipe Australis, menempati bagian timur Indonesia, meliputi Papua dan pulau-pulau sekitarnya. Di daerah ini terdapat jenis hewan seperti kangguru, burung kasuari, cendrawasih, kakaktua.

- Fauna Peralihan dan asli, terdapat di bagian tengah Indonesia, meliputi Sulawesi dan daerah Nusa Tenggara. Di daerah ini terdapat jenis hewan seperti kera, kuskus, babi rusa, anoa dan burung maleo.

- Garis Wallace membatasi Fauna Asiatis dengan Fauna Peralihan
- Garis Weber membatasi Fauna Australis dengan Fauna Peralihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar